Melukis by Bujake

MELUKIS, YUUK!!!  

Setiap anak yang dilahirkan ke dunia pasti dibekali potensi diri sebagai anugerah dari Tuhan. Tugas kita sebagai orangtua adalah berusaha menggali dan mengembangkan potensi tersebut sehingga dapat memberikan manfaat kepada anak kita di kehidupannya kelak. Salah satu potensi yang ada pada diri anak adalah kemampuan melukis. Melukis bisa menjadi salah satu media untuk mencurahkan sesuatu yang ada dalam pikiran dan imajinasi seseorang, tidak terkecuali anak-anak. Meskipun kita belum mengetahui kemampuan melukis akan bisa berkembang secara optimal dalam diri anak, namun tugas kita sebagai orangtua adalah mengarahkannya untuk mencoba dan berlatih melukis sebab dalam aktivitas tersebut terdapat sejumlah hal yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

a. Alat dan Bahan

1. Spidol warna-warni/crayon berukuran besar/pensil warna/cat air dgn kuas

2. Kertas putih besar sebagai kanvas

3. Meja sebagai alas

b. Cara Bermain

1. Letakkan kertas dan alat lukis di atas meja

2. Arahkan anak untuk duduk di dekat meja yang telah disiapkan kertas dan alat lukis. Kemudian ajaklah dia untuk berimajinasi, ceritakan kepadanya gambaran tentang hal-hal yang dia kenal dan sukai.

3. Dampingi anak dalam melakukan coretan-coretan di atas kertas, sekaligus arahkan untuk membuat berbagai macam coretan, misalnya: garis pendek, garis panjang, garis putus2, lingkaran, kotak, dll.

4. Mintalah anak untuk menceritakan mengenai hasil karyanya itu.

5. Seaneh apapun coretan yang dihasilkan anak jangan memberikan komentar negatif tentang hasil karyanya karena semakin sering anak melukis, semakin baik kemampuannya untuk mengendalikan gerakan tangan dan semakin nyata bentuk karya yang dihasilkannya.

c. Manfaat yang diperoleh

1. Membantu perkembangan gerakan motorik halus.

2. Membantu perkembangan imajinasi dan tahapan menuju kreativitas.

3. Melatih penggunaan media untuk mengekspresikan perasaan.  

Ini adalah hasil karya Jacob, ketika saya tanya dia menggambar apa, dia bilang ini adalah gambar ikan. Silakan berimajinasi sendiri ya Mums, kok bisa ini disebut ikan. Hehehe… Game edukatif kali ini cukup mudah dan sederhana kan?! Mendampingi anak dalam mengekspresikan dirinya sangat penting demi menunjang perkembangan motoriknya. So mums, tunggu apa lagi? Let’s do it!   

Ina BuJake,

Sumber: Ratusan Game Edukatif untuk Anak Usia 0-3 Tahun oleh John Rinaldi

ByBundKay

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s